Bagian-Bagian Mesin Penghancur Batu

Sebelum membahas tentang cara kerja alat penghancur batu, maka alangkah lebih baik untuk mengetahui fungsi dan spesifikasinya terlebih dahulu. Mesin Penghancur Batu merupakan alat yang dipergunakan untuk menghancurkan batu besar menjadi pecahan-pecahan batu yang lebih kecil, biasanya digunakan untuk kerikil atau batu split atau biasa disebut aggregate yang biasa digunakan untuk beberapa aplikasi pembangunan jalan, precast, beton atau bangunan lainnya.

Umumnya, alat penghancur batu memiliki beberapa bagian di antaranya:

  • Hopper pada bagian atas atau wadah yang berfungsi untuk menahan batu di atas penghancur dan menggunakan alat berat untuk memasukkan bahan baku batu nya.
  • Feeder pada bagian persis dibawah nya hopper, yang berfungsi untuk mengalirkan dan mendorong batu untuk masuk ke mulut mesin penghancur batu atau crusher.
  • Crusher adalah bagian utama yang berfungsi untuk menghancurkan bongkahan material batu.
  • Sabuk penggerak atau Belt Conveyor yang digunakan untuk mengalirkan hasil pecahan batu dan mengangkut pecahan-pecahan batu ke atas mesin ayakan getar
  • Vibrating Screen atau Mesin Ayakan Getar ada pada tahap lanjut setelah di batu dihancurkan dengan mesin penghancur batu, kemudian dialirkan dengan belt conveyor, tahap selanjutnya di klasifikan ke beberapa ukuran produk pecahan batu,sesuai dengan standar kebutuhan.

Cara Kerja Alat Penghancur Batu

Usai mengetahui bagian-bagian dari alat penghancur batu tersebut, maka saatnya untuk mengetahui cara kerjanya. Di antaranya:

  1. Batu-batu yang sudah dikirim dari tambang oleh pekerja, kemudian dimasukkan ke dalam mesin melalui wadah yang berada di bagian atas yang biasa disebut Hopper. Kemudian dari hopper dialirkan oleh Alat Feeder atau mesin pengumpan, yang mengalirkan batu menuju ke mulut mesin penghancur.
  2. Mesin Penghancur Batu kemudian akan bekerja untuk menghancurkan batu-batu tersebut menjadi serpihan kerikil kecil yang terdiri dari macam ukuran yang masih bercampur.
  3. Setelah batu dihancurkan menjadi pecahan batu kecil dan beraneka ragam ukuran, kemudian dialirkan dari crusher ke sabuk conveyor ke mesin vibrating screen atau mesin ayakan getar dan kemudian diklasifikasikan sesuai ukuran yang dikehendaki, selanjutnya di tumpuk dan nantinya diangkut oleh pekerja atau mesin-mesin berat dan dipindahkan ke dalam truk-truk.

Kurang lebih, itulah bagian-bagian dari mesin penghancur batu yang perlu Anda kenali serta cara kerjanya. Namun, dalam beberapa kasus, satu pemecah batu dapat digunakan lebih dari satu kali dalam menghancurkan batu agar menjadi partikel yang lebih halus.

Nah, bila Anda tengah mencari alat penghancur tersebut dan ingin membeli atau menyewanya, maka dapat menghubungi PMJN atau mengunjungi situs resminya di pmjn.co.id. Berbagai alat-alat berat yang mampu meringankan pekerjaan Anda tersedia di sana. Mulai dari infrastruktur, pertambangan, hingga ke pengolahan limbah.